Ketenangan dalam Kesabaran

Kesabaran adalah sebuah kata yang mudah diungkapkan. Terkadang kata sabar dengan mudah kita lontarkan pada sahabat atau kerabat yang sedang kesusahan. Sabar adalah kata awal yang kita persembahkan bagi orang yang terkena ujian.

Ketika mendengar kata sabar dari saudara kita terkadang hanyalah sebuah angin lalu. Kesedihan tetap menaungi diri. Padahal jika kita memaknai kata sabar itu dan benar-benar memasukannya dalam hati sungguh ada ketenangan dalam suatu kesabaran.

Ujian adalah suatu karantina Allah bagi kita untuk melatih suatu jurus yang bernama kesabaran. Semakin banyak dan semakin besar Allah menguji kita maka akan semakin terlatihlah kesabaran pada diri kita. Tergantung dari cara kita memaknai suatu masalah. Kesabaran itu banyak dapat berupa kejadian/musibah bisa jadi karena sifat/karakter seseorang.

Baik musibah atau karakter seseorang tentu kita harus dengan sabar menghadapinya. Sabar jika musibah itu melanda keluarga. Dengan tetap tegar dan bersyukur pada Allah atas apa yang telah Ia berikan. Sabar pula menghadapi karakter orang lain, yang mampu melatih kita untuk memahaminya lebih dalam. Setiap orang itu unik maka jangan jauhi mereka yang membuatmu merasa tidak nyaman, namun coba pahami kekurangan mereka dan lengkapi.

Sabar itu butuh latihan. Kesabaran itu akan tercipta dengan sendirinya ketika kita lebih bijak dalam menghadapi suatu permasalahan apapun itu. Baik yang besar maupun kecil. Kesabaran itu ketika kita memaksa sisi egois kita terlelap dalam tidurnya. Kesabaran itu ketika kita membangunkan sisi positif thinking kita untuk muncul lebih dulu. Kesabaran itu ketika perkataan yang menyakitkan menjadi metode muhasabah, motivasi dan inspirasi bagi hidup kita. Kesabaran itu ketika kita mampu menunjukan bahwa kita bukan orang yang "lemah" hatinya namun kita akan menunjukan sisi kuat kita dan menjadi inspirasi bagi orang lain.

Sabar membawa kita pada arti ketenangan yang sebenarnya, Allah menjawab itu dalam surat:

“Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan solat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.” – [Al-Baqarah:153]


Lantas ketika Allah Sang Pencipta sudah bersama kita, apalagi yang kita harapkan? selain terus mendapatkan belaian cinta dariNya. Hingga ketenangan itu hal yang mudah bagiNya. Karena Allah hanya ingin kita mengingatnya dalam setiap waktu, menjadikanNya tempat mengadu, Allah begitu merindukan kita dan begitu mencintai kita melebihi apapun.
 Maka dengan kesabaran yang tak berkesudahanlah kita bisa bersama Kekasih Paling Mulia yaitu Allah SWT.

Jangan pernah menyerah pada suatu cobaan. Jangan menjauh dari ujian dan jangan menyerah untuk mengejar kesabaran. Karena dengan kesabaran membuat kita lebih dekat denganNya. Maka kita akan Tenang dalam Kesabaran.

Ya Allah jadikan kami kekasihMu yang akan selalu mencintaiMu, bergetar mendengar namaMu dan selalu mengingatMu di setiap waktu.

“Jadikanlah sabar dan solat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat sekali kecuali bagi orang yang khusyuk.” – [Surah al-Baqarah:45]



Walahuallambissawab

Ditulis Oleh : maya ~ Admin Blog - @mochelz

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Ketenangan dalam Kesabaran yang ditulis oleh Teh May Blog Semoga Bermanfaat yaa :)

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Teh May Blog

2 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Back to top