Memahami Melengkapi

Sebuah keniscayaan bahwa setiap orang mempunyai kekurangan dan kelebihan. Setiap orang itu unik. Mempunyai karakter khas dan pemikiran masing-masing.  Pada sebagian orang Perbedaan itulah yang terkadang mengganggu aktivitas bersama. Perbedaan karakter dan pemikiran biasanya adalah faktor yang menyebabkan kita sulit untuk dekat dengan orang yang kita anggap berbeda. Terkadang kita cenderung nyaman pada kondisi yang sama dan orang yang "sama" atau hampir "sama" dengan kita. Hal ini yang menyebabkan seseorang sulit untuk bersikap bijak dalam situasi sosial. Jika kita lebih menyukai lingkungan yang nyaman dengan orang-orang yang mempunyai kesamaan dengan kita maka itu hanya akan menjadikan kita eksklusif di mata orang lain. Kita tidak akan pernah berkembang jika kita hanya bergabung dengan orang-orang yang memilki karakter yang hampir sama dengan kita. Namun hal ini tidak akan membuat kita bijak dalam menjalani hidup karena pada dasarnya manusia diciptakan untuk melengkapi satu sama lain. Bukankah hawa diciptakan oleh Allah untuk melengkapi Adam. Begitupun kita, jika kita hanya disibukan untuk mencari kecocokan satu sama lain maka ketika ada satu perbedaan akan memberikan umur suatu hubungan baik persahabatan maupun keluarga menjadi lebih pendek karena satu sama lain akan sibuk memperdebatkan perbedaan satu sama lain.

Sedangkan, suatu perbedaan haruslah menjadi suatu tantangan agar kita bisa lebih memahami perbedaan tersebut. Hal yang kita anggap suatu kekurangan bisa jadi itu adalah poin perbedaan antara kita dengan orang lain. Suatu perbedaan tercipta adalah agar satu sama lain saling melengkapi sehingga perbedaan itu menjadi suatu jembatan ukhuwah.

Memahami karakter seseorang memang bukanlah hal yang mudah namun dengan belajar pasti kita akan mampu memaknai hal yang bernama memahami. Memahami seseorang adalah salah satu cara melatih kesabaran dan kepekaan hati. Memahami membuat kita lebih berpikir positive pada orang lain. Memahami membuat kita terus berusaha untuk selalu melengkapi kekurangan orang lain.

dalam aturannya mengenal terlebih dahulu kemudian memahami. Biasanya dalam tahap mengenal pun kita belum selesai sehingga sulit jika kita ingin naik jenjang menuju memahami. Dalam mengenal kita coba mengetahui berbagai karakter orang lain. Kemudian ketika kita melihat kekurangannya maka kita mencoba memahami sikap tersebut bahkan kita mencoba untuk melengkapi kekurangan itu dengan kebaikan kita.
Memahami memang bukan perkara yang mudah namun memahami memang perlu dilatih karena memahami bagian dari kesabaran. Kesabaran menghadapi karakter seseorang khususnya karakter yang kurang baik.

Kesabaran akan diuji oleh manusia itu sendiri. Tapi Allah memerintahkan kita untuk memelihara tali persaudaraan:

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (Al Hujurat: 10)

Jelas perintah diatas. Maka bagaimanapun sifat kerabat atau teman kita. Cobalah untuk BELAJAR memahami karakter tersebut dan melengkapinya dengan kesabaran kita.

Kesabaran butuh dilatih dan memahami butuh diasah. Kuncinya:
1. Berdoa dan mendoakan saudara kita
2. Husnudzon pada saudara kita
3. Ingat kebaikan saudara kita
4. Meminta maaf terlebih dahulu 
5. Bangun kedekatan hati

walahuallambissawab

Ditulis Oleh : maya ~ Admin Blog - @mochelz

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Memahami Melengkapi yang ditulis oleh Teh May Blog Semoga Bermanfaat yaa :)

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Teh May Blog

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top