Bangkitlah dan kejarlah masa depan!

Minggu kemarin saya mengalami hal yang kurang menyenangkan dalam hal akademik. Ketika saya mengetahui kenyataan tentang ini. Saya sedih sekaligus sedikit frustasi. Mungkin bagi sebagian orang ini merupakan masalah yang sederhana karena masalah akademik yang tidak jauh dari masalah nilai. Mungkin kebanyakan orang pada umumnya akan berfikir bahwa masalah seperti ini terlalu dilebih2kan.Namun bagi saya yang masih baru berkecimpung di dunia perkuliahan ini merupakan hal yang cukup berat karena ada beberapa faktor yang membuat hal ini bagi saya cukup berat yang mungkin disini tidak bisa saya jelaskan. Mengapa saya sampaikan di blog ini? karena saya berharap teman-teman para readers sekalian bisa memetik sebuah hikmah/pelajaran dan mungkin bisa memotivasi teman-teman yang juga mengalami hal yang sama seperti saya.


Masalah mahasiswa pada umumnya. Nilai mata kuliah yang rendah kadang bagi sebagian mahasiswa khususnya mahasiswi tingkat awal menjadi sebuah permasalahan yang cukup berat termasuk saya yang baru menginjak awal-awal perkuliahan. Saya sadar bahwa anjloknya nilai saya karena kesalahan saya sendiri. Hal ini membuat hati saya gundah gulana atau disingkat GALAU. hhe. Kala itu saya merasa sendirian dan tidak tahu harus berbuat apa, sehingga saya memutuskan untuk sms kakak2 tingkat dan teman saya untuk berbagi cerita terkait masalah ini.
Hari itu banyak yang telat membalas. Ada pun yang membalas dan memberikan nasehat rasanya tidak mengena di hati saya entah kenapa.
Lalu hati saya semakin tidak tenang. Akhirnya saya putuskan untuk memperbanyak ibadah dan berdoa. Ternyata ajaibnya dengan sholat dan tilawah bisa membuat hati saya lebih tenang.
Saya sadar bahwa untuk mendapatkan ketenangan yang seutuhnya saya harus terus berdoa dan mengadu kepada Allah SWT tentang apa yang saya rasakan. Memperbanyak tilawah dan berdzikir. Meskipun sedikit yang saya lakukan karena waktu itu kebetulan saya mengalami sakit.
Hati saya masih sedikit gusar meskipun tidak seperti kemarin2 yang sedih berkepanjangan. Lalu saya lanjutkan curhat dengan beberapa kakak tingkat. Alhamdulillah banyak yang memberikan solusi yang membuat hati saya tenang. Selain itu curhat dengan kakak saya sendiri yang paling membuat saya semakin tenang.
Dan curhat terakhir dengan mentor saya. Subhanallah, mentor saya memberikan semangat, motivasi dan solusi yang sangat luar biasa. Memang beliau sengat peduli terhadap adik2 mentornya. Beliau bercerita bahwa ada temannya yang malah lebih parah dari masalah yang saya hadapi saat ini. Namun teman beliau karena sangat istiqomah dan yakin kepada Allah maka alhamdulillah temannya tteh mentor saya juga dapat lulus. Kata2 yang terucap darinya membuat saya sangat tenang dan semangat untuk meraih masa depan yang lebih gemilang. Kata-kata beliau yang sangat menancap di benak saya,
"Masa sih Allah gak mau menolong kamu? Pasti Allah akan menolong kamu. Yakin bahwa Allah akan menolong kamu dan memberikan yang terbaik. Tenang saja masih banyak kesempatan kamu pasti bisa!"
Disaat kumpul mentoring pun teman-teman saya memberikan semangat dan motivasi kepada saya. Subhanallah mereka sangat-sangat memotivasi saya dan membuat saya bangkit dari kesedihan yang berlarut-larut.

Semenjak hari itu saya bangkit dan fokus belajar. Sedikit demi sedikit mulai membaca buku2 dan merangkum semampu saya. Alhamdulillah sedikitnya ada yang terbayang sebelum memulai kuliah di semester genap. Mendengar cerita orang2 yang senasib seperti saya yang mampu bangkit dan membuktikan bahwa dirinya mampu lebih baik membuat saya semakin termotivasi untuk memperbaiki kesalahan saya di masa lalu.

Ada seseorang berkata, kita tidak akan pernah tahu bagaimana caranya berubah menjadi yang lebih baik sebelum kita melakukan sebuah kesalahan lalu kita menyadari kesalahan yang kita perbuat. (kalau tidak salah hhe ^^)
Saya memang tahu bahwa semester ganjil kemarin saya banyak melakukan kekeliruan di waktu2 yang sudah Allah sediakan untuk saya berkarya namun saya tidak cerdas memanage waktu dan lebih banyak menyia2kannya. Padahal salah satu cara bersyukur atas nikmat Allah adalah menggunakan waktu sebaik mungkin untuk sesuatu yang bermanfaat. Saya sadar, dan kini saya berusaha untuk memperbaikinya. Saya yakin bahwa suatu hari nanti semua ini akan menjadi lebih baik dan luar biasa. Allah akan menolong hambaNya apalagi hambaNya yang senantiasa berjalan dan menolong agama Allah. Saya selalu yakin dengan janji Allah itu.

Saya yakin Allah selalu bersama saya dikala apapun. Kejadian ini merupakan hikmah yang sangat berharga karena Allah telah mengingatkan saya bahwa saya harus berjuang dan tetap berserah diri kepada Allah dalam kondisi apapun. Salah seorang teteh kakak tingkat berkata kepada saya,
"Allah sedang menguji kesabaran kita, suatu hari nanti kamu akan tahu dan mengerti bagaimana cara mengatasi masalah seperti ini" 
Yaa itu benar dan saya yakin. 

Barusan saya pun terinspirasi oleh seorang komposer muda tunanetra yang disiarkan di kickandy yaitu mas Ramaditya Adikara yang sempat tersandung masalah yang membuatnya sangat terpuruk dan berdampak pada keluarga dan teman2nya. Banyak hujatan yang dia telan atas pengakuannya. Saya bisa membayangkan betapa rapuhnya saya jika berada di posisi mas Rama. Namun dia bisa bangkit kembali dan dia berkata,
"Ramaditya seperti halnya burung phoenix yang matinya hancur menjadi debu, tapi dari debu itu dia reborn dan siap terbang kembali"
Kata-kata dia membuat saya semakin bersemangat dan menyadari bahwa setiap orang pernah melakukan kesalahan namun dia berhak untuk memperbaikinya sehingga dia tidak mengulangi kesalahan itu lagi dan berkarya lebih baik dari sebelumnya. Dia juga menyadarkan saya bahwa banyak sekali masalah yang dihadapi oleh orang lain yang lebih berat dari masalah yang saya hadapi membuat saya semakin sadar bahwa jangan pernah berlarut-larut dalam kesedihan dengan masalah ini.
Teteh kakak tingkat saya (inisial Y) kembali berkata,
"Jangan berlarut-larut dalam kesedihan, sudahi saja kegalauanmu. Mulailah bergerak, percayalah pasti kamu bisa! ayo bergerak!" 
Kita harus tetap bersyukur dengan pencapaian kita dan berusaha berjuang meningkatkan kualitas diri sehingga bisa menjadi lebih baik. SEMANGAT!! KITA BISA!!

Doakan saya juga agar tetap istiqomah dengan langkah-langkah perubahan yang sedang saya jalani :) Hehehe

Thanks for reading....please comment :)

Ditulis Oleh : maya ~ Admin Blog - @mochelz

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Bangkitlah dan kejarlah masa depan! yang ditulis oleh Teh May Blog Semoga Bermanfaat yaa :)

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Teh May Blog

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top